5 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Anda

Diperbaharui 25 April 2024 14:18 WIB

5 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Anda

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini adalah satu kunci agar Anda dapat terhindar dari serangan Covid-19 ataupun virus penyakit lainnya. 

Berikut ini adalah 5 jenis makanan untuk memperkuat sistem imunitas Anda: 

 

1. Bayam

Sayuran yang satu ini kaya akan vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan juga antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Sebaiknya Anda menghindari memasak bayam terlalu lama agar nutrisi yang tersimpan di dalamnya tidak terbuang. 

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki banyak kandungan serat, antioksidan, serta vitamin A, C, dan E. Mengutip dari National Library of Medicine, cara terbaik untuk memasak sayuran yang satu ini adalah dengan mengukus. Sebab hal tersebut akan memberikan Anda manfaat maksimal dari brokoli.

3. Buah-buahan

Makanan selanjutnya yang dapat Anda konsumsi untuk memperkuat daya tahan tubuh adalah buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, lemon, paprika, dan masih banyak lagi. Dilansir dari WebMD, selain berguna untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, vitamin C juga memiliki berbagai manfaat seperti membantu proses pemulihan setelah sakit, sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, serta merawat kesehatan jantung dan juga pembuluh darah. 

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan yang kaya akan probiotik, yaitu bakteri baik yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan dari saluran pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat baik dari yoghurt secara optimal, ada baiknya Anda mengonsumsi yoghurt tawar atau greek yoghurt.

5. Makanan laut

Jenis makanan laut seperti kerang, tiram, ikan, kepiting, lobster, dan sebagainya memiliki kandungan zinc yang tinggi. Menurut UC Davis Health, zinc merupakan salah satu nutrisi penting yang berguna untuk membangun, serta menjaga daya tahan tubuh Anda. 

 

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, ada baiknya Anda juga berolahraga secara teratur, istirahat cukup, dan juga menjaga kebersihan badan agar terhindar dari virus Covid-19 dan kuman penyebab penyakit lainnya.


Jika Anda atau keluarga memerlukan penanganan Covid-19 secara tepat saat isolasi mandiri, maka Heltiyu menyediakan layanan Homecare Covid. Tim dokter dan perawat profesional kami akan melakukan monitoring, konsultasi 24 jam, kunjungan ke rumah, hingga memberikan infus dan juga resep obat yang sesuai kebutuhan. Kami siap membantu Anda beserta keluarga sampai sembuh dengan senang hati.

Artikel Terbaru


Artikel Populer