5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Masa Pandemi

Diperbaharui 24 April 2024 00:57 WIB

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Masa Pandemi

Sistem imunitas memiliki fungsi penting dalam melindungi tubuh manusia agar terhindar dari serangan virus penyakit. Kekebalan tubuh yang baik akan mencegah Anda untuk terkena dampak Covid-19. Menurut Harvard Medical School ada beberapa cara untuk meningkatkan imun tubuh, salah satunya adalah dengan olahraga secara teratur. 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, Anda bisa melakukan beberapa gerakan olahraga dari rumah tanpa harus pergi ke tempat kebugaran ataupun khawatir berada di tengah kerumunan orang. 

Berikut ini adalah 5 olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah: 

 

1. Yoga 

Olahraga yang satu ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh Anda. Mengutip dari Mayoclinic, Yoga dapat membantu untuk meningkatkan kebugaran tubuh, mengurangi stress, mengatasi nyeri pada punggung, serta melatih pernapasan. 

Anda bisa mencoba gerakan seperti plank pose, triangle pose, mountain pose, cat-cow, seated forward bend, cobra pose, dan masih banyak lagi. Lakukanlah gerakan-gerakan tersebut sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Calisthenics 

Calisthenics merupakan sebuah olahraga yang memaksimalkan penggunaan berat badan seseorang untuk membentuk massa otot. Dilansir dari WebMd, Anda bisa mencoba beberapa gerakan dalam Calisthenics seperti jumping jacks, push-ups, dips, pull-ups, sit-ups, burpees, mountain climbers, squat, lunges, dan masih banyak lagi. Lakukanlah minimal 20-30 menit dalam sehari dengan  banyaknya jumlah repetisi yang Anda sanggup. 

Olahraga yang satu ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan stamina, membentuk massa otot, serta memelihara kesehatan jantung dan paru-paru.

3. Shadow Boxing

Berikutnya Anda bisa mencoba Shadow Boxing. Latihan ini bertujuan untuk melatih kecepatan tangan, refleks, kelenturan tangan, serta langkah kaki. Anda bisa melakukan gerakan-gerakan seperti jab, hook, uppercut, ataupun pukulan kombinasi dalam 5-10 menit. Shadow Boxing dapat mengurangi tingkat stres, menurunkan berat badan, menguatkan otot pundak dan lengan, melatih pernapasan, serta membuat jantung semakin prima. 

4. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan rangkaian dari beberapa gerakan yang dilakukan dalam tempo cepat. Anda bisa mengikuti dari Youtube ataupun via kelas online bersama dengan teman-teman. Olahraga yang satu ini dapat memberikan banyak manfaat untuk Anda seperti memperkuat otot jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, serta memperbaiki suasana hati. 

5. Skipping

Skipping atau lompat tali merupakan salah satu olahraga kardio yang bisa Anda lakukan dari mana saja. Lakukanlah lompat tali selama 10-20 menit dalam setiap sesi latihan. Olahraga yang satu ini dapat menyehatkan jantung dan paru-paru, mengurangi resiko cedera kaki, dan masih banyak lagi. 

 

Itulah beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan dari rumah selama masa pandemi berlangsung. Selain melakukan latihan secara rutin, sebaiknya Anda juga selalu menjaga pola makan sehat, istirahat yang teratur, vaksin, serta menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. 

Bila Anda ataupun keluarga membutuhkan penanganan Covid-19 secara tepat saat isolasi mandiri, maka Heltiyu menyediakan layanan Homecare Covid. Tim dokter dan perawat profesional kami akan melakukan monitoring, konsultasi 24 jam, kunjungan ke rumah, hingga memberikan infus dan juga resep obat yang sesuai kebutuhan. Kami siap membantu Anda beserta keluarga sampai sembuh dengan senang hati. 

Artikel Terbaru


Artikel Populer