5 Tips Meningkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi

Diperbaharui 27 April 2024 06:58 WIB

5 Tips Meningkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi

Selain mematuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan badan, hingga menghindari kerumunan orang banyak, Anda juga harus memperkuat daya tahan tubuh. Sebab sistem imunitas yang baik memiliki peranan penting dalam mencegah Covid-19 ataupun virus penyakit lainnya.

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

 

1. Menerapkan pola makan sehat

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard T.H Chan School of Public Health, yang berasal dari Boston, Amerika Serikat menyatakan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Anda bisa mendapatkannya dari buah, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian utuh, dan perbanyak minum air mineral. 

2. Olahraga secara teratur

Olahraga dengan rutin dapat membantu untuk menjaga stamina, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sistem pernapasan, mengendalikan kadar gula darah, memperbaiki mood, membakar lemak pada tubuh, serta menurunkan terkena resiko penyakit serius seperti kanker, jantung, dan stroke. Menurut National Health Service, untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut Anda sebaiknya melakukan latihan sekitar 150 menit dalam seminggu atau 20-30 menit perhari. Selama masa pandemi ini, Anda bisa mencoba gerakan-gerakan olahraga yang bisa dilakukan dari rumah seperti Yoga, Calisthenics, naik turun tangga, jalan kaki, dan masih banyak lagi. 

3. Istirahat dengan cukup

Kurang tidur dapat membuat sistem imunitas menurun, sehingga hal ini akan menyebabkan tubuh Anda dengan mudah terkena serangan penyakit. Normalnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam perhari. Tidur yang cukup dapat menjaga badan agar tetap bugar dan sehat.

4. Berjemur matahari pagi

Sinar matahari pagi adalah salah satu sumber vitamin D alami yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Aktivitas berjemur yang dilakukan secara rutin dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat daya tahan tubuh, meredakan stress, dan membuat tidur lebih lelap. Menurut World Health Organization (WHO), sebaiknya Anda tidak berjemur di antara jam 10 pagi hingga 4 sore, sebab di waktu tersebut kadar sinar UV sangatlah tinggi. Anda bisa berjemur sekitar pukul 7 sampai 10 pagi selama 15 ataupun 20 menit, dimana kadar UV paling rendah dan baik untuk kesehatan tubuh. 

5. Penuhi kebutuhan air dalam tubuh

Kekurangan cairan dapat mengganggu metabolisme tubuh yang menyebabkan turunnya sistem imunitas. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganjurkan agar orang dewasa minum minimal 2 liter atau sekitar 8 gelas berukuran 230 ml perhari. Selain mencegah dehidrasi, kebutuhan air yang cukup juga akan membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kekuatan sendi dan otot, memelihara kesehatan kulit, dan masih banyak lagi. 

 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memperkuat daya tahan tubuh selama masa pandemi. Namun bila Anda atau keluarga membutuhkan penanganan isolasi mandiri secara tepat dengan monitoring dari tenaga medis profesional, maka Heltiyu menyediakan layanan Homecare Covid. Tim dokter dan perawat kami siap membantu Anda dan keluarga dengan sepenuh hati. 

Artikel Terbaru


Artikel Populer